Berita Piala Dunia Ferenc Puskas Pangeran Tanpa Mahkota Dunia

Category: Berita BolaBerita Sepak Bola

Berita Piala Dunia Ferenc Puskas Pangeran Tanpa Mahkota DuniaFerenc Puskas Pangeran Tanpa Mahkota Dunia Berita Piala Dunia – Ferenc Puskas nama ini mungkin terlupakan para penggemar sepak bola saat ini. Namun bagi para pecinta sepak bola sejati dan mengikuti sejarah dari permainan sepak bola itu sendiri, nama ini pantang untuk dilupakan. Dia adalah salah satu pembawa magis di sepak bola, penyihir lapangan yang mampu membuat para penonton selalu memperhatikannya karena bola seolah tak pernah lepas dari dirinya. Pemain ini benar-benar berbeda dengan pemain-pemain sebelumnya yang pernah ada.

Dilahirkan di Budapest, Hongaria, pada tahun 1947, dengan nama  asli yang sedikit Austria-Jerman, Ferenc Purczeld, pada awal-awal hidupnya diwarnai dengan perang antar negara Eropa demi merebut kekuasaan di benua Eropa. Apalagi saat itu Hongaria baru saja menyatakan kemerdekaannya lepas dari Austria usai Perang Dunia Pertama. Kemudian keluarganya untuk menghilangkan unsur Nazi Jerman kemudian meng-Hongaria-kan namanya alias membuat nama mereka menjadi nama bangsa Hongaria yakni bangsa Magyars, nama keluarga mereka menjadi Puskas sehingga dia sendiri bernama Ferenc Puscas.

Karir pertama Puscas diawali di tim lokal Kispest FC. Kemudian ketika Kispest FC diakuisisi oleh pemerintah komunis Hungaria melalui Departemen Pertahanannya Puscas tetap bertahan di sana bahkan mendapat pangkat militer yakni Mayor. Klub milik pemerintah ini lantas diberi nama Honved. Bersama Honved inilah Puscas meraih popularitas pertamanya dan dilirik masuk ke tim nasional Hungaria. Puscas menjadi pencetak gol terbanyak seantero benua Eropa pada tahun 1947-1948  dengan raihan total 50 gol. Hal ini menjadi kejutan pada saat itu Berita Piala Dunia .

Puscas kemudian menjadi dirigen sekaligus tombak utama tim nasional Hungaria. Pada awal dekade 1950-an. Hungaria benar-benar menjadi raja dunia. Bahkan sejak dari Olimpiade 1952 dan mendapatkan medali emasnya, tim nasional Hungaria tidak terkalahkan selama dua setengah tahun. Mereka menjalani salah satu pertandingan yang kemudian digelari sebagai “Pertandingan Abad Ini” oleh para sejarawan sepak bola yakni pertandingan berat melawan Inggris yang berkesudahan 6-3 untuk Hongaria pada final Olimpiade 1952.

Tim nasional Hungaria kemudian berlaga di Piala Dunia 1954. Hungaria tentu saja menjadi favorit semua orang. Namun apa yang difavoritkan memang belum tentu yang menjadi juara atau pilihan Tuhan. Hungaria secara menyakitkan kalah 3-2 dari Jerman Barat. Puscas memang tidak fit benar ketika final tapi dia terpaksa dan dipaksa bermain oleh pelatih dan rekan-rekannya. Setelah itu Puscas seperti menghilang dari peredaran selama dua tahun sebelum muncul ke permukaan kembali bersama klub abad kedua puluh yakni; Real Madrid. Bersama Real Madrid, Puscas kembali mencetak rekor yaitu; menjadi satu-satunya orang yang mencetak hattrick di dua final Piala Champions Eropa.

Puscas kemudian pada tahun 1966 dengan torehan yang belum bisa dicapai hingga saat ini yakni 616 gol dalam 620 pertandingan yang dia ikuti. Andai kata Puscas bersama Hungaria menjadi juara Piala Dunia tahun 1954 mungkin Puscas tidak akan terlalu dilupakan seperti sekarang. Ya, kini dia hanyalah seorang pangeran tanpa mahkota dunia yang terlupa Berita Piala Dunia .