Memori Piala Dunia 2002 Korea – Jepang

Category: Berita BolaBerita Sepak Bola

Memori Piala Dunia 2002 Korea - JepangMemori Piala Dunia 2002 Korea – Jepang –  Piala Dunia 2002 penuh dengan kejadian dan juga momen yang tidak akan terlupakan. Mulai dari pemilihan venue yang untuk pertama kalinya di gelar di benua Asia. Dan untuk pertama kalinya pula 2 negara di percaya untuk menjadi venue bersama guna menggelar Piala Dunia tersebut. Korea Selatan dan juga Jepang dipercaya oleh FIFA untuk menggelar perhelatan Piala Dunia tersebut.

Sebelum perhelatan dimulai saja beberapa intrik sudah terjadi. Yang paling tidak bisa dilupakan adalah hengkangnya legenda Irlandia, Roy Keane dari kamp latihan. Gelandang Manchester United tersebut mengeluarkan kritikan dan juga mempertanyakan keputusan pelatih Irlandia, Mick Mc Carthy. Keane menganggap Mc Carthy tidak professional dalam menyiapkan skuad tim nasional Irlandia di Piala Dunia 2002 tersebut. Bahkan Presiden Irlandia, Bertie Ahern sendiri juga harus ikut turun tangan untuk mendamaikan perseturuan tersebut. Namun akhirnya sia-sia.

Sementara momen yang jelas tidak bisa dilupakan adalah laga antara Korea Selatan melawan Italia. Tentu saja wasit yang memimpin laga tersebut menjadi sorotan. Gol Italia yang sebenarnya sah dan bola belum keluar garis tersebut di nyatakan tidak sah oleh wasit. Alhasil para pemain Italia melakukan protes kepada wasit. Untungnya laga tetap dilanjutkan meskipun Italia terlihat sudah bermain setengah hati ditambah mereka bermain dengan 10 pemain. Korea sendiri tentu tidak akan melupakan sosok Ahn Jung Hwan yang menjadi pahlawan kemenangan Korea yang membawa Taeguk Warriors lolos ke babak semi final. Dan Korea akhirnya lolos ke semi final untuk pertama kalinya.

Laga final Piala Dunia menjadi bukti sejarah untuk Brasil. Pasalnya mereka mampu menjadi juara dan meraih penta campeone usai mengalahkan skuad Der Panzer di babak final. Jerman yang memiliki tembok kokoh selama putaran grup, terlihat tidak bisa menahan gempuran para pemain Brasil di Yokohama Stadium yang menjadi tempat ajang final tersebut. Ronaldo dengan mudah membobol gawang Oliver Kahn yang gagal menahan sepakan Ronaldo yang tepat ke pojok gawang. Tentu kemenangan Brasil atas Jerman menjadi salah satu memori yang tidak terlupakan di Piala Dunia 2002. Ditambah lagi gaya model rambut Ronaldo yang menggunakan gaya model kuncung, menjadi salah satu model rambut yang akhirnya cukup digemari ketika itu. Ronaldo juga membuktikan diri bahwa ia belum habis usai tampil buruk di Piala Dunia 1998.