Panitia Pertandingan Inter Island Cup 2014 Merugi Puluhan Juta

Category: Berita BolaBerita Sepak Bola

Panitia Pertandingan Inter Island Cup 2014 Merugi Puluhan JutaPanitia Pertandingan Inter Island Cup 2014 Merugi Puluhan Juta – Semaraknya animo penonton yang antusias untuk menonton laga di Inter Island Cup 2014 semestinya bisa dimanfaatkan panitia pelaksana untuk meraih pemasukan besar dari tiket penonton. Salah satunya panpel yang bertugas di Stadion Brawijaya, Kediri. Tapi hal tersebut tidak terjadi di Kediri karena menurut Panoel, mereka justru menlelan kerugian puluhan juta rupiah karena adanya  kebocoran tiket dalam dua laga yang sudah dihelat.

Triyono Kutut, panitia panpel pada sebuah jumpa pers menyebut jika dari dua laga Inter Island Cup di Stadion Brawijaya yang sudah dilakoni, pihaknya hanya mampu meraup keuntungan Rp 270 juta saja.. Padahal menurut perkiraan mereka bisa meraup keuntungan sampai Rp 300 juta karena melihat animo para penonton yang hadir langsung ke stadion.

Kutut menjelaskan pada saat menggelar laga pertama antara Persebaya Surabaya berhadapan dengaan Persiba Bantul pihaknya hanya memperoleh pemasukan Rp 49 juta karena laga ini memang sepi penonton. Di laga kedua saat mempertemukan Persegres Gresik dan tuan rumah Persik Kediri, jumlahnya naik drastic mencapai Rp 220 juta. Jika ditotal maka jumlahnya baru mencapai Rp 270 dari perkiraan awal Rp 300 juta.

Kutut dan panitia pelaksana pertandingan lainnya mengakui jika faktor utama tidak maksimalnya jumlah pemasukan dari sektor tiket ini karena adanya kebocoran tiket yang diakibatkan sangat dekatnya jadwal laga dalam satu hari. Dari laga pertama ke laga kedua hanya ada jeda waktu sedikit sehingga pihak petugas panpel merasa kesulitan mengatur arus penonton. Hal ini membuat banyak penonton yang hanya membeli tiket untuk laga pertama juga menonton laga kedua tanpa membeli tiket lagi.

Untuk itu Kutut mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi untuk mengatasi kebocoran ini. Persiapan yang akan dilakukan oleh panpel pertandingan menurut Kutut akan dilakukan lebih. Pihak Panpel sendiri hanya mencetak tiket dengan jumlah sesuai dengan kapasitas stadion Brawijaya Kediri yakni total 15 ribu lembar tiket. Untuk harga tiket panitia pelaksana pertandingan menjual tiket kategori penonton dengan harga Rp 20 ribu. Untuk kelas utama harga yang dipatok untuk menebusnya adalah Rp 35 ribu. Untuk tiket dengan kelas paling tinggi di markas Persik Kediri ini yakni kelas VIP dijual dengan harga Rp 50 ribu. Semua tiket yang dijual oleh pihak panpel pertandingan hanya berlaku untuk satu laga saja.

Di Stadion Brawijaya sendiri selama babak penyisihan Inter Island Cup setiap hari ada dua laga yang digelar yakni sore hari mulai pukul 15.30 dan malam hari mulai pukul 19.30. Stadion Brawijiya menggelar laga grup penyisihan yang dihuni oleh empat tim yakni tuan rumah Persik Kediri, Persiba bantul, Persebaya Surabaya dan Persegres Gresik.