Sang Legenda Liverpool

Category: Berita Bola

Liverpool Legends - brazil2014pialadunia.com

Piala Dunia Brazil 2014 – Salah satu klub raksasan yang dimiliki Liga Premier Inggris adalah Liverpool. The Reds bahkan sempat merajai kompetisi sepak bola di negara tersebut dengan koleksi tropi yang cukup banyak yaitu 18 tropi sebelum catatan tersebut berpindah ke Manchester United yang mengoleksi 20 piala. Walaupun demikian, Liverpool telah diakui sebagai salah satu klub yang disegani.

Dimulai pada era 70-an hingga awal 90-an, Liverpool meraih beragam gelar domestik serta Eropa secara silih berganti. Dan tentu saja, dibalik kesuksesan Liverpool ada pemain yang pernah mengharumkan tim asal Merseyside tersebut. Mantan pemain Liverpool tersebut kini telah menjadi legenda yang akan selalu dikenang.

Nama yang pertama adalah Ian Callaghan seorang pemain yang dengan mudah beradaptasi. Callaghan mempersembahkan raihan juara seperti topi pertama Piala FA pada tahun 1965 dan menjadi pemenang Liga Champions pada tahun 1977 untuk pertama kalinya. Jumlah penampilan mantan gelandang tersebut mencapai 640 pertandingan. Apabila digabung dengan performanya untuk klub lain maka Callaghan sudah mengoleksi 857 penampilan. Catatan yang membuat namanya masuk dalam sejarah sepak bola Inggris adalah sebagai satu-satunya pemain yang paling banyak tampil. Prestasi teringgi Callaghan adalah ketika dia berhasil membawa timnas Inggris juara Piala Dunia pada tahun 1966. Piala Dunia Brazil 2014

Pemain berikutnya adalah Jamie Carragher, salah satu pemain yang loyal dengan klub. Jamie memutuskan untuk pensiun pada akhir musim dingin kemarin. Dia telah bermain sebanyak 709 kali bersama Liverpool. Meskipun di masa kanak-kanaknya dia adalah Evertonian namun catatan satu dekadenya dengan koleksi piala bersama The Reds cukup untuk menyebutnya sebagai jantung klub.

Legenda Liverpool yang lain adalah Ray Clemence. Dia telah membawa Liverpool juara liga Champions tiga kali pada tahun 1977, 1978 dan 1980. Clemente menjadi salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki oleh The Reds. Clemente merupakan bagian dari era kesuksesan Liverpool di bawah arahan Bill Shankly. Clemente membela klub selama 665 pertandingan.

Salah satu legenda Liverpool yang terkenal adalah Emlyn Hughes. Pemain ini mendapat julukan sebagai si kuda liar merah. Hughes bertahan di Liverpool pada era 1967 hingga 1979 dan menjadi salah satu bagian dari sejarah. Dia menjadi kapten bagi Liverpool untuk merebut dua tropi pertama European Cup. Sosoknya yang tangguh dan berjiwa pemimpin membuatnya dipercaya memakai ban kapten timnas Inggris di era 70-an. Hughes kini berumur 57 tahun dan sudah mencatat rekor 665 penampilan bersama Liverpool.

Legenda yang identik dengan kumis dan menjadi top skorer Liverpool sepanjang masa adalah Ian Rush. 15 tahun berbakti di Anfield membuat Ian berhasil mengumpulkan gol sebanyak 346 di semua kompetisi. Hingga kini belum ada generasi yang bisa melampaui prestasinya tersebut. Piala Dunia Brazil 2014