Stadion untuk Piala Dunia 2014 Bagian 1

Category: Berita BolaBerita Sepak Bola

Stadion untuk Piala Dunia 2014 Bagian 1

Stadion untuk Piala Dunia 2014 Bagian 1 – Dua belas stadion akan digunakan dalam pagelaran Piala Dunia 2014. Badan Sepakbola Dunia telah menentukan batas akhir dari penyelesaian pembangunan pada tanggal 31 Desember 2013 nanti. Andaikan Sao Paulo Arena dapat mengatasi kecelakaan yang telah terjadi pada hari Rabu pekan lalu, maka stadion yang dikenal dengan sebutan Itaquerao itu akan menjadi stadion tempat laga pembuka. Sedangkan Stadion Maracana rencananya akan digunakan untuk pertandingan final Piala Dunia 2014 mendatang.

Berikut ini adalah daftar dari dua belas stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia 2014, baik yang telah selesai maupun yang belum selesai dikerjakan :

Enam stadion yang telah selesai dikerjakan :

  1. 1.      Stadion Maracana

Stadion Maracana telah ditutup selama dalam waktu 30 bulan untuk diperbaiki dan direnovasi. Stadion tersebut rencananya akan digunakan untuk melaksanakan tujuh pertandingan termasuk pertandingan final World Cup, seperti pada saat Piala Dunia 1950 yang mana pada waktu itu tim Brasil kalah dari tim Uruguay dengan skor 1-2.

  1. 2.      Estadio Nacional Mane Garrincha

Estadio Nacional Mane Garrincha dipergunakan untuk menggelar tujuh laga dalam Piala Dunia serta pembukaan Piala Konfederasi. Stadion ini dibangun dengan menghabiskan dana sebesar US$ 475 juta dan mempunyai kapasitas penonton sebanyak 72 ribu jiwa.

  1. 3.      Estadio Mineirao

Di Estadio Mineirao ini akan dilaksanakan enam pertandingan Piala Dunia 2014. Kapasitas penonton yang mampu ditampung dalam stadion ini adalah sebesar 62.160 penonton dan dibangun dengan dana yang mencapai US$ 287 juta.

  1. 4.      Estadion Castelao

Estadion Castelao telah diresmikan oleh Presiden Dilma Rousseff tahun lalu tepatnya pada tanggal 16 Desember. Stadion ini mempunyai kapasitas sebanyak 63.903 orang penonton dan akan menjadi saksi dalam enam pertandingan Piala Dunia yang akan diselenggarakan. Dana yang dihabiskan untuk membangun Estadio Castelao sebanyak 223 juta dolar AS. Sebagian dari dana tersebut berasal dari keuangan public sebesar US$ 151 juta.

  1. 5.      Arena Pernambuco

Stadion ini terletak di bagian timur laut kota pesisir Recife. Di stadion Arena Pernambuco ini akan digelar lima laga Piala Dunia dan kapasitas penonton yang mampu ditampung adalah sebanyak 46 ribu orang. Lebih dari separuh stadion itu dibangun dengan uang rakyat dengan dana sebesar 230 juta.

  1. 6.      Arena Fonte Nova

Stadion ini terletak di Salvador dan dijadwalkan untuk menggelar enam pertandingan. Stadion yang diresmikan pada tanggal 5 April ini memiliki kapasitas sebesar 55 ribu orang dengan pembangunan yang menelan biaya 225 juta dolar AS. Untuk pembangunan stadion ini, separuh berasal dari uang public sebesar 140 juta melalui bank BNDES sedangkan separuh laga berasal dari keuangan  publik Negara sebesar 115 juta dolar AS.