Tim Verifikasi Akan Tinjau Sepuluh Stadion Di Jawa Timur

Category: Berita BolaBerita Sepak Bola

Tim Verifikasi Akan Tinjau Sepuluh Stadion Di Jawa Timur

Tim Verifikasi Akan Tinjau Sepuluh Stadion Di Jawa Timur – Hari ini, Senin 25 November tim verifikasi PSSI akan mulai bekerja melakukan pemeriksaan terhadap stadion yang akan mejadi markas para kontestan Liga Super Indonesia musim 2013/14. Dari total sekitar 19 stadion, sepuluh diantaranya ada di Jawa Timur.

Tim sepak bola Jawa Timur akan diwakili oleh tiga tim yang akan memakai senam stadion sebagai calon markas yaitu Persebaya Surabaya, Persela Lamongan dan Persepam Madura United. Setiap tim ini mengajukan dua stadion untuk diverifikasi oleh tim verifikasi PSSI.

Persebaya Surabaya akan mengajukan Stadion Gelora 10 November dan Stadion Gelora Bung Tomo untuk markas mereka musim depan. Verifikasi terhadap dua stadion ini menurut rencana akan dilakukan pada tanggal 29 dan 30 November mendatang.

Sedangkan Persela Lamongan akan mengajukan Stadion Surajaya Lamongan dan Stadion Wilis di Madiun sebagai venue mereka musim depan. Tim verifikasi akan lebih dulu melakukan pemeriksaan stadion Wilis pada tanggal 26 November besok sementara Stadion Surajaya Lamongan baru akan diverifikasi pada tanggal 2 Desember mendatang.

Bagi Persela Lamongan, Stadion Wilis sendiri tidak terlalu asing bagi mereka. Pada musim lalu saat markas mereka Stadion Surajaya Lamongan masih dalam tahap renovasi, tim berjuluk Laskar Joko Tingkir ini harus mengungsi ke Stadion Wilis saat menjamu Barito Putera dan Persiba Balikpapan.

Sementara dari Madura, Persepam akan mengajukan dua stadion yang terletak saling berjauhan yaitu Gelora Bangkalan di ujung barat dan Stadion Ahmad Yani di ujung timur Pulau Madura. Musim lalu Persepam Madura memakai Gelora Bangkalan sebagai homebase tapi di laga terakhir musim 2012/13, merema memainkan laga di Stadion Ahmad Yani saat menghadapi Persela Lamongan.

Achsanul Qosasih, manajer Persepam mengatakan walaupun mengajukan dua stadion, Persepam tetap akan menjadikan Gelora Bangkalan sebagai stadion utama sementara Stadion Ahmad Yani sebagai alternatif kedua. Keputusan mengajukan dua stadion diambil karena pihak Persepam ingin memberikan kesempatan publik di penjuru Madura untuk bisa melihat secara langsung tim mereka beraksi. Tim verifikasi PSSI akan mengunjungi Madura pada tanggal 1 Desember mendatang. Persepam yang menjadi tim pertama asal Madura yang bermain di Liga Super Indonesia ini yakin jika kedua stadion yang mereka ajukan bisa lolos seleksi.

Selain enam stadion yang diajukan oleh Persebaya Surabaya, Persela Lamongan dan Persepam Madura, masih ada empat stadion yang akan menjadi markas dari Arema, Persik Kediri, Persepar Palangkaraya dan Gresik United.

Yang menarik adalah penggunaan Stadion Gajayana yang sebelumnya menjadi markas Persema Malang. Usai tidak diakui oleh pihak PSSI, otomatis Gajayana saat ini tidak dipakai oleh tim manapun. Tim verifikasi akan meninjau stadion ini pada tanggal 28 November.

Sedangkan Stadion Kanjuruhan dan Stadion Petrokimia Putra tidak masuk dalam daftar verifikasi. Ini karena kedua stadion ini sudah sering menggelar laga internasional sehingga tidak perlu lagi dilakukan proses verifikasi. Stadion Kanjuruhan pernah dipakai dalam laga Liga Champions Asia sementara Stadion Petrokimia milik Gresik United pernah dipakai menghelat laga Piala AFF U19 pada bulan September kemarin.